OUTBOUND - REFERENSI WAKTU LIBURAN SEKOLAH


LINGKARAN BERBELIT
A. Tujuan Permainan
1.    Menyadarkan peserta tentang pentingnya tim untuk memudahkan proses belajar dan bekerja dalam kelompok.
2.    Perlunya berfikir kreatif dalam pemecahan masalah.

 B. Alat
Tidak ada.

C. Pelaksanaan
1.    Peserta berdiri dalam lingkaran, lalu menjulurkan kedua tangannya ke depan. Kemudian, peserta memegang tangan dua peserta lainnya. Misalkan: Tangan kiri memegang tangan si A, tangan kanan memegang tangan si B hingga membentuk belitan besar.
2.    Semua peserta bekerja sama untuk membentuk kembali lingkaran sempurna.

D. Peraturan
1.    Peserta tidak boleh melepaskan tangan yang di pegang.
2.    Peserta tidak boleh berbicara.


AWAS LIMBAH  BERACUN

A. Tujuan Permainan
1.    Meningkatkan kerja sama tim.
2.    Melatih komunikasi yang baik.

B. Alat
1.    Ember.
2.    Tongkat.
3.    Air.


C. Pelaksanaan
1.    Permainan ini dimainkan secara berkelompok. Masing-masing terdiri dari 6-10 orang.
2.    Kelompok bertugas memindahkan ember yang berisi air yang diumpamakan limbah berbahaya yang tidak boleh disentuh langsung oleh tangan. Peserta harus menggunakan tongkat untuk memindahkan ember tersebut.
3.    Peserta memindahkan ember dari satu titik ke titik yang lain yang telah disentuh.

D. Peraturan
1.    Peserta hanya boleh menggunakan tongkat dalam melaksanakan tugasnya.
2.    Peserta dianggap gugur apabila air dalam ember tumpah.


STAND UP TOGETHER

A. Tujuan Permainan
1.    Melatih kerja sama tim.
2.    Menyadarkan peserta bahwa perbedaan fisik bukan penghalang untuk mencapai sebuah tujuan bersama.
3.    Kebersamaan adalah kunci keberhasilan.

B. Alat
    Tidak ada.

c. Pelaksanaan
1.  Permainan dilaksanakan dalam kelompok besar.
2.  Peserta membentuk lingkaran besar dan saling bergandengan tangan, tangan diletakkan di belakang badan.
    3.  Peserta menggandeng peserta lain dengan sela peserta ( peserta tidak menggandeng tangan peserta yang tepat di samping tetapi ia menggandeng tangan orang lain yang ada di samping orang yang di sampingnya ). 
4. Peserta harus melaksanakan instruksi yang diberikan. Jika peserta diberi instruksi berdiri, maka peserta harus berdiri bersama.

D. Peraturan
1.    Pegangan tangan tidak boleh terlepas.
2.    Apabila terlepas maka harus diulang sampai berhasil.


DARATAN BERACUN

A. Tujuan Permainan
·        Melatih kekompakan.

B. Alat
·        Tempat pijak ( batu bata, kertas, atau yang lain ).

C. Pelaksanaan
    1.  Permainan dimainan berkelompok 5-10 orang.
       2. Semua anggota kelompok harus bergandeng tangan dan berjalan melewati jalur yang disediakan.
3. Peserta hanya boleh berjalan di atas pijakan yang telah disediakan.

D. Peraturan
1.  Semua anggota kelompok harus tetap bergandengan sampai garis finish.
2. Peserta yang menginjak tanah ( berada di luar pijakan ) dianggap gugur.


AIR MANCUR

A.  Tujuan Permainan
1.    Kerja sama.
2.    Kekompakan.
3.    Manajemen.
4.    Toleransi/melengkapi.
5.    Kompetitif.

B.   Alat
1.    Pipa panjang dengan berat 1’5 meter yang telah diberi lubang ; dibagian bawah ditutup.
2.    Ember sedang yang di gunakan untuk mwngisi pipa.
3.    Ember besar untuk menampung air.
 

C.   Pelaksanaan
1.    Permainan ini dilakukan secara berkelompok/kerja tim, masing-masing kelompok terdiri dari 8-10 orang.
2.    Tugas yang harus dilaksanakan adalah memasukkan air kedalam pipasampai pipa terisi penuh.
3.    Lubang hanya boleh ditutup dengan jari/anggota badan lainnya.
4.    Pemenangnya adalah kelompok yang dapat mengisi penuh pipa.
5.    Setelah permainan, diskusikan manfaat dari permainan tersebut.







ESTAFET AIR

A.  Tujuan Permainan
1.    Kerja sama tim.
2.    mengatur cara kerja yang efektif.
3.    Pembagian tugas/menempatkan personel dengan tepat.
4.    Kekompakan antar anggota dan seluruh regu.

B.   Alat
1.    Sebuah ember berisi air secukupnya.
2.    Sebuah gelas yang bagian bawahnya telah berlubang kecil.
3.    Sebuah botol plastik.

C.  Pelaksanaan
1.    Peserta duduk dengan posisi berbanjar.
2.    Peserta paling depan bertugas mengambil air dan yang paling belakang menuangkannya ke dalam botol.
3.    Gelas yang berisi air diberikan secara estafet kepada rekannya yang dibelakang melalui atas kepala.

D.  Peraturan
1.    Lubang gelas hanya boleh ditutup dengan jari tangan saja.
2.                            Menggunakan batas waktu tertentu.
3.    Botol yang berisi air terbanyak dengan batas waktu tertentu, itulah pemenang.
4.    Dapat menggunakan rival atau lawan bermain dengan regu lain.







KAU KURSIKU

A.  Tujuan Permainan
1.    Meningkatkan rasa kebersamaan.
2.    Menumbuhkan kerjasama kelompok.

B.   Alat
Tidak ada.

C.  Pelaksanaan
1.    Permainan ini dimainkan dalam kelompok besar.
2.    Semua peserta membuat sebuah lingkaran besar.
3.    Semua peserta berdiri dengan menghadap punggung temannya.
4.    Peserta diinstruksikan untuk duduk pada paha temannya.

D.  Peraturan
1.    Peserta tidak boleh putus.
2.    Peserta tidak boleh jatuh.



KAKI SERIBU
Tujuan Permainan
1.    Melatih kerjasama  dan kekompakan.
2.    Mengatur strategi.

B.   Alat
Tidak ada.

C.  Pelaksanaan
1.    Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dengan anggota 5-10 orang.
2.    Masing-masing kelompok berbaris satu banjar dengan posisi duduk, dimana kedua kaki peserta di letakkan pada paha temannya yang berada didepannya. Sehingga, kaki peserta tuda menyentuh tanah, kecuali peserta yang paling depan.
3.    tugas kelompok adalah berjalan dengan menggunakan tangan sampai garis finish.

D.  Peraturan
1.    Pada saat berjalan, anggota kelompok tidak boleh terputus.
2.    Masing-masing kelompok berlomba untuk sampai garis finish.
3.    Kelompok yang sampai garis finish paling cepat menjadi pemenangnya.



STICK GOYANG

A. Tujuan Permainan
1.    Menjalin kerja sama dan toleransi antar anggota.
2.    Belajar menerima dan siap kapanpun harus memberikan kesempatan kepada yang lain.
3.    Berlatih menghadapi segala rintangan atas asas kebersamaan.

B.   Alat
1.    Tali pramuka atau rafia : jumlah tali disesuaikan dengan jumlah peserta.
2.    Tongkat/balok/papan kayu/bamboo yang panjang (2-3 meter) dengan diameter bebas.
3.    aneka halang rintang

C.  Pelaksanaan
1.    Tiap anggota tim berhak memegang seutas tali, boleh sebelah kanan atau kiri.
2.    Letakkan balok atau bambu ditengah tarikan utas tali, dimana tali dalam kondisi kencang.
3.    Tim menempuh suatu perjalanan penuh rintangan dengan jarak bebas.
4.    Tim terbaik adalah yang memiliki waktu tempuh tercepat dan balok/bambu tidak pernah jatuh.
5.    Rintangan dapat dibuat sedemikian rupa, sehingga perjalanan membawa balok/bambu tampak penuh rintangan, misalnya melebar, menyempit, lompat/naik turun.












SARUNG BERANTAI

A.  Tujuan Permainan
1.                            Melatihkerjasama.
2.                            Pemilihan strategi.

B.   Alat
1.          Kain sarung.

C.  Pelaksanaan
1.    Permaina di lakukan dalam kelompok  besar.
2.    Peserta membuat lingkaran besar.
3.    Peserta saling bergandengan tangan.
4.    Kain sarung diletakkan diantara tangan peserta.
5.    Kain sarung harus dipindahkan ke peserta lain disampingnya dan di teruskan ke peserta lainnya sampai kembali ke tempat asal.

D.  Peraturan
1.    Pegangan tangan tidak boleh terlepas.
2.    Apabila permainan ini di lombakan, maka kelompok yang dapat menyelesaikan tugas dengan waktu tercepat menjadi pemenangnya.

E.   Alternatif Permainan
Cara berpegangan tangan dapat dibuat bervariasi, bisa dengan mwnyilang, bisa juga dimasukkan diantara kedua kaki.


BERJALAN DENGAN BOLA

A.  Tujuan Permainan
1.    Melatih kerja sama.
2.    Meningkatkan kemampuan koordinasi gerak kaki.

B.   Alat
1.    Bola.
2.    Tali untuk membuat arena.

C.  Pelaksanaan
1.    Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 5-10 orang.
2.    Masing-masing kelompok berada dalam jalur yang telah disediakan dan diberi jarak 4-8 meter antar kelompok.
3.    Peserta pertama harus membawa bola yang diletakkan antara dua kakinya.
4.    Peserta pertama harus memberikan bola tersebut kepada peserta kedua, terus-menerus sampai peserta terakhir. Kemudian, peserta terakhir berjalan sampai garis finish.

D.  Peraturan
1.    Bola hamya boleh dibawa dengan kaki, tidak boleh dipegang dengan tangan.
2.    Pada saat memindahksn bola kepada peserta lain, peserta juga hanya mrnggunakan kaki.
3.    Bola tidak boleh terjatuh, maka peserta tersebut harus mengulang dari awal.


MENCARI BOLA IMPIAN

A.  Tujuan Permainan
1.    Melatih kesabaran.
2.    Melatih kerjasama kelompok.
3.    Melatih konsentrasi.

B.   Alat
1.    Tali.
2.    Bola.
3.    Baskom plastik.
4.    Keranjang sampah.

C.  Pelaksanaan
1.    Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing terdiri dari 5-7 orang.
2.    Tiga peserta matanya ditutup dengan kain dan sisanya tidak.
3.    Peserta yang matanya ditutup  masuk didalam arena untuk mencari bola dengan warna yang telah ditentukan.
4.    Beberapa bola dengan warna yang berbeda-beda diletakkan dalam baskom. Peletakan baskom dalam arena dilakukan setelah mata peserta ditutup, sehingga peserta tersebut tidak tahu dimana posisi baskom tersebut.
5.    Peserta yang tidak ditutup matanya memberi isyarat dari luar arena agar peserta yang berada dalam arena dapat mengambil bola dengan cepat dan tepat.
6.    Setelah bola didapatkan, kemudian dimasukkan ke dalam keranjang sampah dan dibawa keluar arena menuju tempat awal dengan mata masih tertutup.

D.  Peraturan
1.    Peserta tidak boleh membuka tutup mata sampai tugasnya selesai.
2.    Peserta tidak boleh keluar arena pada saat masih mencari bola.















Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Mahfudzot (Pribahasa)

Hadits Tentang Tata Cara Pergaulan dan Pakaian

WE BARE BEARS - DRAW THEIR LIFE GRIZZLY PANDA AND ICE BEARS