OUTBOUND - REFERENSI WAKTU LIBURAN SEKOLAH
LINGKARAN
BERBELIT
A. Tujuan Permainan
1.
Menyadarkan
peserta tentang pentingnya tim untuk memudahkan proses belajar dan bekerja
dalam kelompok.
2.
Perlunya
berfikir kreatif dalam pemecahan masalah.
B. Alat
Tidak
ada.
C. Pelaksanaan
1.
Peserta
berdiri dalam lingkaran, lalu menjulurkan kedua tangannya ke depan. Kemudian,
peserta memegang tangan dua peserta lainnya. Misalkan: Tangan kiri
memegang tangan si A, tangan kanan memegang tangan si B hingga membentuk
belitan besar.
2.
Semua peserta
bekerja sama untuk membentuk kembali lingkaran sempurna.
D. Peraturan
1.
Peserta
tidak boleh melepaskan tangan yang di pegang.
2.
Peserta
tidak boleh berbicara.
AWAS
LIMBAH BERACUN
A. Tujuan Permainan
1.
Meningkatkan
kerja sama tim.
2.
Melatih
komunikasi yang baik.
B. Alat
1.
Ember.
2.
Tongkat.
3.
Air.
C. Pelaksanaan
1.
Permainan
ini dimainkan secara berkelompok. Masing-masing terdiri dari 6-10 orang.
2.
Kelompok
bertugas memindahkan ember yang berisi air yang diumpamakan limbah berbahaya
yang tidak boleh disentuh langsung oleh tangan. Peserta harus menggunakan
tongkat untuk memindahkan ember tersebut.
3.
Peserta
memindahkan ember dari satu titik ke titik yang lain yang telah disentuh.
D. Peraturan
1.
Peserta
hanya boleh menggunakan tongkat dalam melaksanakan tugasnya.
2.
Peserta
dianggap gugur apabila air dalam ember tumpah.
STAND
UP TOGETHER
A. Tujuan
Permainan
1.
Melatih
kerja sama tim.
2.
Menyadarkan
peserta bahwa perbedaan fisik bukan penghalang untuk mencapai sebuah tujuan
bersama.
3.
Kebersamaan
adalah kunci keberhasilan.
B. Alat
Tidak ada.
c. Pelaksanaan
1.
Permainan dilaksanakan dalam kelompok
besar.
2. Peserta
membentuk lingkaran besar dan saling bergandengan tangan, tangan diletakkan di belakang
badan.
3. Peserta menggandeng peserta lain dengan sela
peserta ( peserta tidak menggandeng tangan peserta yang tepat di samping tetapi
ia menggandeng tangan orang lain yang ada di samping orang yang di sampingnya ).
4.
Peserta harus melaksanakan instruksi yang diberikan. Jika peserta diberi
instruksi berdiri, maka peserta harus berdiri bersama.
D.
Peraturan
1.
Pegangan
tangan tidak boleh terlepas.
2.
Apabila
terlepas maka harus diulang sampai berhasil.
DARATAN
BERACUN
A. Tujuan
Permainan
·
Melatih
kekompakan.
B. Alat
·
Tempat pijak
( batu bata, kertas, atau yang lain ).
C.
Pelaksanaan
1. Permainan
dimainan berkelompok 5-10 orang.
2. Semua
anggota kelompok harus bergandeng tangan dan berjalan melewati jalur yang disediakan.
3.
Peserta hanya boleh berjalan di atas pijakan yang telah disediakan.
D. Peraturan
1. Semua anggota kelompok harus tetap
bergandengan sampai garis finish.
2.
Peserta yang menginjak tanah ( berada di luar pijakan ) dianggap gugur.
AIR MANCUR
A. Tujuan
Permainan
1. Kerja
sama.
2. Kekompakan.
3. Manajemen.
4.
Toleransi/melengkapi.
5.
Kompetitif.
B.
Alat
1.
Pipa panjang
dengan berat 1’5 meter yang telah diberi lubang ; dibagian bawah ditutup.
2.
Ember sedang
yang di gunakan untuk mwngisi pipa.
3.
Ember besar
untuk menampung air.
C. Pelaksanaan
1.
Permainan
ini dilakukan secara berkelompok/kerja tim, masing-masing kelompok terdiri dari
8-10 orang.
2.
Tugas yang
harus dilaksanakan adalah memasukkan air kedalam pipasampai pipa terisi penuh.
3.
Lubang hanya
boleh ditutup dengan jari/anggota badan lainnya.
4.
Pemenangnya
adalah kelompok yang dapat mengisi penuh pipa.
5.
Setelah
permainan, diskusikan manfaat dari permainan tersebut.
ESTAFET AIR
A. Tujuan
Permainan
1.
Kerja sama
tim.
2.
mengatur
cara kerja yang efektif.
3.
Pembagian
tugas/menempatkan personel dengan tepat.
4.
Kekompakan
antar anggota dan seluruh regu.
B.
Alat
1. Sebuah
ember berisi air secukupnya.
2. Sebuah
gelas yang bagian bawahnya telah berlubang kecil.
3. Sebuah
botol plastik.
C. Pelaksanaan
1. Peserta
duduk dengan posisi berbanjar.
2. Peserta
paling depan bertugas mengambil air dan yang paling belakang menuangkannya ke
dalam botol.
3. Gelas
yang berisi air diberikan secara estafet kepada rekannya yang dibelakang
melalui atas kepala.
D. Peraturan
1. Lubang
gelas hanya boleh ditutup dengan jari tangan saja.
2.
Menggunakan
batas waktu tertentu.
3. Botol
yang berisi air terbanyak dengan batas waktu tertentu, itulah pemenang.
4. Dapat
menggunakan rival atau lawan bermain dengan regu lain.
KAU
KURSIKU
A. Tujuan
Permainan
1. Meningkatkan
rasa kebersamaan.
2. Menumbuhkan
kerjasama kelompok.
B. Alat
Tidak
ada.
C. Pelaksanaan
1. Permainan
ini dimainkan dalam kelompok besar.
2. Semua
peserta membuat sebuah lingkaran besar.
3. Semua
peserta berdiri dengan menghadap punggung temannya.
4. Peserta
diinstruksikan untuk duduk pada paha temannya.
D. Peraturan
1. Peserta
tidak boleh putus.
2. Peserta
tidak boleh jatuh.
KAKI
SERIBU
Tujuan Permainan
1. Melatih
kerjasama dan kekompakan.
2. Mengatur
strategi.
B.
Alat
Tidak ada.
C. Pelaksanaan
1. Peserta
dibagi menjadi beberapa kelompok dengan anggota 5-10 orang.
2. Masing-masing
kelompok berbaris satu banjar dengan posisi duduk, dimana kedua kaki peserta di
letakkan pada paha temannya yang berada didepannya. Sehingga, kaki peserta tuda
menyentuh tanah, kecuali peserta yang paling depan.
3. tugas
kelompok adalah berjalan dengan menggunakan tangan sampai garis finish.
D. Peraturan
1. Pada
saat berjalan, anggota kelompok tidak boleh terputus.
2. Masing-masing
kelompok berlomba untuk sampai garis finish.
3. Kelompok
yang sampai garis finish paling cepat menjadi pemenangnya.
STICK
GOYANG
A. Tujuan
Permainan
1.
Menjalin
kerja sama dan toleransi antar anggota.
2. Belajar
menerima dan siap kapanpun harus memberikan kesempatan kepada yang lain.
3. Berlatih
menghadapi segala rintangan atas asas kebersamaan.
B.
Alat
1.
Tali pramuka
atau rafia : jumlah tali disesuaikan dengan jumlah peserta.
2.
Tongkat/balok/papan
kayu/bamboo yang panjang (2-3 meter) dengan diameter bebas.
3.
aneka halang
rintang
C. Pelaksanaan
1.
Tiap anggota
tim berhak memegang seutas tali, boleh sebelah kanan atau kiri.
2.
Letakkan
balok atau bambu ditengah tarikan utas tali, dimana tali dalam kondisi kencang.
3.
Tim menempuh
suatu perjalanan penuh rintangan dengan jarak bebas.
4.
Tim terbaik
adalah yang memiliki waktu tempuh tercepat dan balok/bambu tidak pernah jatuh.
5.
Rintangan
dapat dibuat sedemikian rupa, sehingga perjalanan membawa balok/bambu tampak
penuh rintangan, misalnya melebar, menyempit, lompat/naik turun.
SARUNG
BERANTAI
A. Tujuan
Permainan
1.
Melatihkerjasama.
2.
Pemilihan
strategi.
B.
Alat
1.
Kain sarung.
C. Pelaksanaan
1.
Permaina di
lakukan dalam kelompok besar.
2.
Peserta
membuat lingkaran besar.
3.
Peserta
saling bergandengan tangan.
4.
Kain sarung
diletakkan diantara tangan peserta.
5.
Kain sarung
harus dipindahkan ke peserta lain disampingnya dan di teruskan ke peserta
lainnya sampai kembali ke tempat asal.
D. Peraturan
1.
Pegangan
tangan tidak boleh terlepas.
2.
Apabila
permainan ini di lombakan, maka kelompok yang dapat menyelesaikan tugas dengan
waktu tercepat menjadi pemenangnya.
E.
Alternatif
Permainan
Cara
berpegangan tangan dapat dibuat bervariasi, bisa dengan mwnyilang, bisa juga
dimasukkan diantara kedua kaki.
BERJALAN
DENGAN BOLA
A. Tujuan
Permainan
1.
Melatih
kerja sama.
2.
Meningkatkan
kemampuan koordinasi gerak kaki.
B.
Alat
1.
Bola.
2.
Tali untuk
membuat arena.
C. Pelaksanaan
1.
Peserta
dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 5-10
orang.
2.
Masing-masing
kelompok berada dalam jalur yang telah disediakan dan diberi jarak 4-8 meter
antar kelompok.
3.
Peserta
pertama harus membawa bola yang diletakkan antara dua kakinya.
4.
Peserta
pertama harus memberikan bola tersebut kepada peserta kedua, terus-menerus
sampai peserta terakhir. Kemudian, peserta terakhir berjalan sampai garis
finish.
D. Peraturan
1.
Bola hamya
boleh dibawa dengan kaki, tidak boleh dipegang dengan tangan.
2.
Pada saat
memindahksn bola kepada peserta lain, peserta juga hanya mrnggunakan kaki.
3.
Bola tidak
boleh terjatuh, maka peserta tersebut harus mengulang dari awal.
MENCARI BOLA IMPIAN
A. Tujuan
Permainan
1.
Melatih
kesabaran.
2.
Melatih
kerjasama kelompok.
3.
Melatih
konsentrasi.
B.
Alat
1.
Tali.
2.
Bola.
3.
Baskom
plastik.
4.
Keranjang
sampah.
C. Pelaksanaan
1.
Peserta dibagi
menjadi beberapa kelompok yang masing-masing terdiri dari 5-7 orang.
2.
Tiga peserta
matanya ditutup dengan kain dan sisanya tidak.
3.
Peserta yang
matanya ditutup masuk didalam arena
untuk mencari bola dengan warna yang telah ditentukan.
4.
Beberapa
bola dengan warna yang berbeda-beda diletakkan dalam baskom. Peletakan baskom
dalam arena dilakukan setelah mata peserta ditutup, sehingga peserta tersebut
tidak tahu dimana posisi baskom tersebut.
5.
Peserta yang
tidak ditutup matanya memberi isyarat dari luar arena agar peserta yang berada
dalam arena dapat mengambil bola dengan cepat dan tepat.
6.
Setelah bola
didapatkan, kemudian dimasukkan ke dalam keranjang sampah dan dibawa keluar
arena menuju tempat awal dengan mata masih tertutup.
D. Peraturan
1.
Peserta
tidak boleh membuka tutup mata sampai tugasnya selesai.
2.
Peserta
tidak boleh keluar arena pada saat masih mencari bola.
Comments
Post a Comment