Fotografi Amatir - Pengalaman adalah dasar fotografi



Seperti biasa, fotografi sekarang bukan menjadi hal yang tabu untuk dilakoni. Dulu fotografi adalah sebuah profesi yang sangat elegan bagi ku, bahkan gak begitu tahu apa itu fotografi sampai sedetil sekarang. Kini zaman dah modern, semua orang bisa mengambil gambar hanya dengan sebuah smartphone di tangan. Sebenarnya fotografi sendiri adalah sebuah seni melihat dari objek yang ditangkap. menurutku, Fotografi mulai dikenal sejalan sesuai dengan perkembangan zaman. Secara, orang-orang awam kini tak perlu membeli alat yang begitu mahal untuk dimiliki, seperti kamera digital.


Dengan menggunakan Photoshop kita bisa mengubah warna pada objek tertentu.
 Foto di atas adalah watersplash


Sedikit cerita boleh kali, ya?? haha
Pengalaman pribadi tahun 2010, aku dan temanku di sekolah diberi pekerjaan untuk mendokumentasikan kegiatan sekolah dengan menggunakan handycam. Dari kegemaran yang tak terduga semua berjalan dari bertanya. Tanya fungsi tombol handycam sampai dengan bagaimana cara mengoperasikannya hingga bisa disalurkan ke Proyektor. Kala itu, Fotografi masi menyewa dan belum bisa sama sekali. Seiringnya waktu mengoperasikan handycam sudah mulai terbiasa dan menyenangkan, hingga pada akhirnya tahun 2013 muncul yang namanya 'handphone android'. Dari kamera yang memiliki resolusi kamera 5 MP, kualitas video 480p@30fps dan sudah autofocus, waktu itu sudah luar biasa, bisa dikatakan handphone paling canggih dah... haha :D (lol).

Dari situ aku belajar, mengambil gambar, dimintai tolong untuk mengambil gambar dan sebagainya. hingga mulai beralih ke kamera saku berbasis digital, Pocket camera. Kegemaran mengambil gambar tumbuh secara alami dan tidak sengaja, namun aku belum bisa memastikan objek apa yang akan menjadi fokus ku dalam belajar fotografi. Sampai saat ini, aku mulai belajar fotografi dengan berbagai cara membidik dan tema masih dibilang random sih, cuma namanya belajar fotografi itu gak mudah dan instan.

aku menyalurkan hoby ku melalui instagram dan lomba fotografi lokal serta seminar-seminar di dalamnya. Aku sering menggunakan Smartphone dari pada DSLR yang aku punya. Selain simple, juga tidak perlu memindahkan file foto dari DSLR ke kamera, karena DSLR yang aku punya belum mendukung sistem wireless seperti kamera-kamera sekarang. 


Bokeh with Liberty

Gambar ini aku ambil di atas dipan dengan menggunakan DSLR lensa tele 18-200mm. Aku edit dengan aplikasi foto di handphone dan sedikit tambahan bokeh disampingnya. 



Low light Toys Photography (without Bulb)


Gambar ini aku ambil ketika aku di rumah kakek di Jawa Timur. Selain tidak membawa kamera DSLR dan mainan, aku manfaatkan mainan di rumah milik keponakan dan cahaya matahari yang masuk dari genteng rumah. Kebetulan adan genteng bening sehingga matahari dapat tembus ke dalam rumah. Foto ini aku ambil menggunakan iPhone 4S dan diedit menggunakan sanpseed.


Small world big story


Nah, kalo ini butuh perjuangan. Pasalnya dengan objek skala 1:87 itu butuh persiapan yang matang dan lama, jepretannya cuma 1 - 2 menit saja. Foto ini aku ambil ketika aku mengikuti event komunitas semarang minifigure skala 1:87 di Maerokoco, Semarang. Dengan perbandingan daun kering seperti sampah dan figure pose cleaning service menjelaskan bahwa membersihkan sampah itu tidak mudah dan akan terus begitu. Jadi buanglah sampah pada tempatnya, maka kita akan sedikit membantu para cleaning service dalam mengerjakan tugasnya.



UFO lamp in Sunset 


Satu lagi yang fenomenal dan unik. Foto ini diambil menggunakan iPhone 4S kala senja. Waktu itu masih pacaran di Lawang Sewu hehe... Masih musim hujan dan sehari sebelumnya aku bergumam rindu akan senja. Keesokan harinya senjapun datang, abadaikan moment secepat kilat menggunakan samrtphone. :D
lampu terbang itu awalnya adalah lampu biasa yang tiangnya tertutup pohon. Namun ada teman di instagram memberi saran untuk healing tiangnya, dan nanti akan terlihat seperti UFO .. atau lampu terbang. dan bener aja keren. Ini semua diedit menggunakan aplikasi smartphone yaitu snapseed.

well, segitu dulu pengalamanku mengenai fotografi. Next aku akan cerita cara mengambil gambar dengan fotografi untuk pemula, apapun smartphonemu.
Thank you for reading and don't forget to follow my google+ ...
see ya!






Comments

Popular posts from this blog

Hadits Tentang Tata Cara Pergaulan dan Pakaian

WE BARE BEARS - DRAW THEIR LIFE GRIZZLY PANDA AND ICE BEARS

Kumpulan Mahfudzot (Pribahasa)