Ide Olahan Daging Qurban (Idul Adha 1444 H/2023 M)

Perayaan idul Adha memang identik dengan daging. Karena perayaan Idul Adha ini adalah perayaan kedua setelah Idul fitri. Idul Adha disunnahkan untuk mengorbankan hewan yang  telah ditentukan secara syari'at agama Islam. Beberapa hewan yang dapat disembelih antara lain Kambing, Sapi, Kerbau dan Unta. 

Di Indonesia sendiri perayaan Idul Adha sudah menjadi tradisi. Banya beberapa stand hewan Qurban mendirikan tenda dan memberika penawaran yang manis terhadap calon pembeli. Mayoritas, hewan yang di tawarkan di Indonesia adalah Kambing/domba dan Sapi. Untuk Kerbau hanya beberapa daerah saja, karena mayoritas peternak Kerbau di lingkungan tersebut lebih banyak dari pada Sapi.

Mengingat daging Qurban yang diberikan adalah cuma-cuma kepada masyarakat sekitar dari orang yang sudah menyedekahkan hewan Qurban, teringat tayangan telivisi Korea yang terkenal dengan masakan "Bulgogi"nya. Bulgogi memang terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis dan ditumis dengan bumbu-bumbu tertentu. Campuran masakan bulgogi adalah bawang bombay sebagai aroma tambahan dan menambah rasa sedap untuk menarik perhatian konsumen.


Bulgogi adalah satu dari sekian banyak masakan Korea. Ada beberbagi macam olahan masakan daging dari berbagai negara, seperti nasi kare daging, katsu, sate, semur, rawon, steak dan lain sebagainya. Berbeda dengan kambing, tidak semua negara mengkonsumsi daging kambing/domba. Negara yang paling jago mengolah olahan daging kambing/domba adalah negara timur tengah. Karena daging kambing merupakan makan khas dari zaman para Nabi hingga sekarang. Masakan timur tengah yang berbahan daging kambing seperti Nasi kebuli, kari kambing, kebab, Nasi Mandhi dsb. Masakan Nusantara pun tak mau kalah. Olahan Kambing sangat digemari oleh masayarakat Indonesia, seperti sate kambing, gulai kambing, tongseng kambing, tengkleng, sop kaki kambing dsb. Semua butuh proses untuk menyajikan menu spesial di tiap tahunnya. 

Nah, disini saya akan memberikan resep olahan daging kambing untuk disantap bersama keluarga di rumah. 

TONGSENG KAMBING
ala Phio

Bahan utama:
Daging Kambing (bisa direbus dulu/tidak) 

Bumbu halus :
Bawang merah
bawang putih
kemiri
cabe rawit
jahe
kuntit
ketumbar
merica bubuk
cabai merah

Bumbu tumis :
sereh
daun salam
bawang merah (cincang halus)
bawang putih(cincang halus)

Bahan pelengkap:
tomat 
kubis
gula merah
kecap
air 
garam
gula
penyedap rasa
gula jawa

caranya:
1. haluskan bumbu halus
2. tumis duo bawang bersama dengan sereh, masak hingga kering 
3. masukkan air, maska hingga mendidih
4. masukkan daging kambing yang  sudah direbus
5. tambahkan kecap, garam, gula penyedap rasa dan gula jawa, koreksi rasa
6. jika sudah mendidih, masukkan kubis dan tomat, koreksi daging dan rasa
7. tongseng siap di sajikan

ini cara saya mengolah daging kambing ketika Qurban. Daging kambing cenderung lebih cepat umpuk dan kadar kolesterolnya lebih sedikit dari pada sapi. Namun, daging kambing memeliki lemak yang cukup dan dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Jadi, boleh kita mengkonsusi daging kambil dengan batas yang telah ditetapkan dan tidak berlebihan.

Comments

Popular posts from this blog

Hadits Tentang Tata Cara Pergaulan dan Pakaian

WE BARE BEARS - DRAW THEIR LIFE GRIZZLY PANDA AND ICE BEARS

Kumpulan Mahfudzot (Pribahasa)