Miniatur Figures - Micro Photography dengan Skala 1:87


MINIATURE FIGURES 

Pada kesempatan kali ini saya akan memperkenakan sesuatu mainan unik dan tentunya sangat berkesan oleh siapa saja yang melihatnya, sebut saja miniature figure. Miniature figure ini bukan sekedar mainan action figure pada umumnya dengan skala yang biasa kita lihat di komunitas-komunitas penggemar action figure SHFiguart, Revoltech dan sebagainya. Figure ini masuk kedalam kategori small figure dengan skala 1:87. Bayangkan saja, sebesar apakah mainan itu? Miniature figure ini masuk kedalam kategori zero figure yang tidak bisa digerakkan seperti halnya action figure SHFigurart dan Revoltech, tetapi dia hanya mengandalkan satu pose yang menyampaikan suatu kegiatan yang biasa kita jumpai atau kita kerjakan sehari-hari. Seperti aktifitas seseorang yang tengah mengisi harinya dengan kesibukannya. Ada yang sedang bertani, ada pose yang sedang bermain dengan anaknya, menggendong anaknya, menginvestigasi suatu peristiwa, bersepeda, piknik,,berdansa dan lain-lain. Semua pose itu terlihat nyata dapat kita jumpai dari miniature figure ini.



Timbul pertanyaan selanjutnya adalah, “bagaimana caranya mainan miniaturefigure itu bisa terlihat nyata?”. Jawabannya adalah dengan fotografi. Sebagaimana kita ketahui fotografi merupakan sebuah kegiatan atau proses menghasilkan suatu seni gambar atau foto melalui media cahaya dengan alat yang disebut dengan kamera dengan maksud dan tujuan tertentu. Hakekat fotografi sendiri harus disertai seni yang dapat menjadikan hasil gambar itu dapat terlihat memukau. Dalam manusia jelas memiliki seni, namun seni yang utama dalam fotografi adalah komposisi, dengan komposisi yang baik inilah gambar yang dihasilkan memiliki makna dan cerita tersendiri. Adanya fotografi ini menjadikan jembatan para penggemar miniature figure untuk mengekspos kedalam suatu kehidupan yang nyaris sama dengan kegiatan kita sehari-hari atau di kehidupan nyata.

    "The Astronout"      
Credit by : Kak Feyriyani


"Sumo and his attack!"  
Credit by : Kak Feyriyani

Banyaknya penggemar miniature figure ini pastinya ada suatu perkumpulan atau komunitas yang bertujuan untuk berbagi ilmu dan cara-cara mengambil foto dan berbagi tips untuk mendapatkan foto yang hidup. Di Indonesia ini ada dua komunitas miniature figure, yaitu KMFI (Komunitas Miniatur Figur Indonesia) yang didirikan oleh Om Kris Hartanto dan Om Haekal Kahfi dan juga IMFC87 (Indonesian Mini Figure Community) yang didirikan oleh Kak Feyriyani. Kedua komunitas ini adalah komunitas pertama di Indonesia yang terbentuk pada tahun 2014-2015 yang diawali dengan forum jual beli miniature figure ini. Dari forum ini terbentuklah komunitas-komunitas miniature figure ini dengan kesepakatan para anggota forum tersebut.




Perlu diketahui kawan-kawan, bahwa miniature figure ini dijual bebas di Eropa, tepatnya di Jerman. Miniature figure yang diburu oleh penggemarnya adalah Preiser dan Noch (setahuku sih itu, tapi ternyata banyak jenisnya hehehe). Mengapa demikian? Menurut ku kedua perusahaan ini memiliki kualitas bentuk, pose dan bahan yang baik dan dapat dikatakan “nyaris” mirip dengan pose manusia. Nah, sepahamku tujuan industri ini membuat model miniature ini adalah untuk kebutuhan para desain model arsitek. Misalnya seperti untuk kebutuhan pameran rumah di suatu pameran griya expo yang biasanya kita lihat di mall-mall Indonesia dan atau membuat small city untuk project tertentu. Namun fungsi miniatur figure bukan hanya sebagai pekerjaan saja, namun bisa digunakan media untuk menyalurkan hoby photography khususnya toy photography. Berbagai macam model dari bentuk pekerja, skater, hewan, tokoh-tokoh dari film, superhero dan sebagainya semua juga dapat ditemukan dalam model miniature figure ini. trus, bagaimana dengan custom?apakah miniature figure ini dapat  di custom sesuai keinginan? jawabannya bisa!. miniature figure ini dapat di custom sesuai keinginan. caranya dengan memotong bagian-bagian tertentu dan memasangnya dengan lem khusus agar dapat menghasilkan bentuk yang diinginkan. 
"After the war"
Hellboy credit by: Om Kristanto
"Work hard"
Credit by: Phio
hoby ini semakin populer di Indonesia. para penggemar terus berdatangan dan bergabung dalam kegiatan ini melalui sosial media yaitu instagram dan facebook. Kedua sosial media juga dimanfaatkan untuk saling tukar pendapat seperti mengkonsep tata ruang dan letak, mengatur pemotretan agar menghasilkan foto yang apik dan hidup. Tak jarang jika kedua sosial media ini juga digunakan untuk usaha jual beli miniatur figure, hehehe.... Di luar Indonesia juga ada yang menekuni toy photography ini khususnya miniature figure. Di Jepang ada 2 orang yang menggeluti hoby ini yaitu Tanaka Tatsuya dan Nobu yang selalu memberikan ide-ide unik serta memiliki konsep yang rapi. Kemudian di London ada Slikachu dan Spanyol ada Encholias.  
Nah, demikian cerita dan pengalamanku tentang hoby baru saya yang sudah saya tekuni sejak tahun 2014. Dari mainan figure biasa hingga jatuh hati di miniature figure ini karena bagiku mereka unik, tampak hidup, mudah dibawa kemana-mana dan dapat dipadukan dengan barang-barang sekitar ketika kita mengambil foto darinya. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi penggemar miniatur figure. Salam Tutyuuuul!


Comments

Popular posts from this blog

Hadits Tentang Tata Cara Pergaulan dan Pakaian

WE BARE BEARS - DRAW THEIR LIFE GRIZZLY PANDA AND ICE BEARS

Kumpulan Mahfudzot (Pribahasa)